Peredaman suara dan akustik ruangan
Peredaman dan akustik ruangan adalah 2 hal yang berbeda, sering kita mendengar orang awan menyebut 2 hal ini dengan 1 pengertian, pada kenyataannya peredaman dan akustik ruangan adalah 2 hal yang berbeda, baik dalam perhitungan ataupun pemilihan material.Akibat salah pengertian ini konsumen sering kaget dengan harga yang diajukan kontrator yang dinilai terlalu mahal bahkan tidak masuk akal.
Pada kesempatan ini saya akan coba menerangkan pengertian peredaman ruangan.
1.Peredam suara.
Peredaman atau soundproofing atau sound insulation adalah proses pengurangan kebisingan atau usaha memberhentikan suara masuk dari luar kedalam ruangan atau sebaliknya.Contoh:
- Bayangkan kita berada didalam ruangan karaoke yang mempunya sound sistem dengan output sebesar 100dB, untuk sebuah ruangan tingkat kebisingan normal adalah sebesar 50dB kebisingaan yang berasal dari suara lingkungan yang masuk melalui jendela, pintu atau suara AC,dll. Suara dari sound system hanya akan terdengar 50dB (100dB-50dB) sisanya akan terbungkus suara kebisingan tadi sehingga suara tidak akan jelas terdengar.
- ketika anda berusaha menutup rapat-rapat pintu dan jendela tapi tetap saja tetangga menghardik anda supaya mengecilkan volume tape yang sedang kita nikmati pada malam hari atau kadang siang hari.
- Ketika anda tidak dapat tidur pada malam hari karena suara rendah yang menggangu dari club malam yang berjarak 500m dari rumah anda.
Bunyi merambat diantara ruangan dengan 2 cara:
Relatif mudah mengurangi suara pada frekuensi manusia bicara (speech) atau suara gitar akustik, tapi untuk mengurangi suara drum atau bass anda membutuhkan perhitungan yang tepat, atau pekerjaan anda akan sia-sia dan buang-buang uang.
Jadi, bagaimana cara meredam suara yang baik? jawabannya adalah "tergantung". Tergantung lokasi, layout ruangan, fungsi ruangan dan anggaran yang anda miliki. hmm....
Lokasi, sangat berpengaruh terhadap anggaran yang akan anda keluarkan, seberapa jauh ruangan anda dengan tetangga, apakah struktur rumah anda menyatu dengan tetangga, seberapa bising lingkungan anda.dll.
Layout ruangan, jarak ruangan yang akan digunakan dengan ruangan tidur, apakah ruangan anda adalah basement atau lantai 2, bata merah atau hebelkah bahan dinding anda dll.
Fungsi, ruangan apa yang hendak anda buat, home theater, studio latihan, studio rekaman, karaoke, club dll.
Membutuhkan perhitungan tepat dalam meredam bunyi, sehingga struktur peredaman akan menjadi efektif sesuai dengan anggaran dan fungsi ruangan. Tentunya anda pasti tidak ingin mengeluarkan uang untuk meredam sebuah ruangan karaoke dengan anggaran sebesar meredam sebuah bioskop atau club malam.
Berikut adalah contoh prediksi tingkat redaman pada kaca laminated dengan ketebalan 10mm.
- Melalui udara
- melaui struktur bangunan
5 prinsip penting pada peredaman suara adalah:
- massa
- dekopling
- penyerapan
- resonansi
- damping
Jadi, bagaimana cara meredam suara yang baik? jawabannya adalah "tergantung". Tergantung lokasi, layout ruangan, fungsi ruangan dan anggaran yang anda miliki. hmm....
Lokasi, sangat berpengaruh terhadap anggaran yang akan anda keluarkan, seberapa jauh ruangan anda dengan tetangga, apakah struktur rumah anda menyatu dengan tetangga, seberapa bising lingkungan anda.dll.
Layout ruangan, jarak ruangan yang akan digunakan dengan ruangan tidur, apakah ruangan anda adalah basement atau lantai 2, bata merah atau hebelkah bahan dinding anda dll.
Fungsi, ruangan apa yang hendak anda buat, home theater, studio latihan, studio rekaman, karaoke, club dll.
Membutuhkan perhitungan tepat dalam meredam bunyi, sehingga struktur peredaman akan menjadi efektif sesuai dengan anggaran dan fungsi ruangan. Tentunya anda pasti tidak ingin mengeluarkan uang untuk meredam sebuah ruangan karaoke dengan anggaran sebesar meredam sebuah bioskop atau club malam.
Berikut adalah contoh prediksi tingkat redaman pada kaca laminated dengan ketebalan 10mm.
Grafik nilai redam pada spektrum frekuensi |
Berikut video contoh hasil redaman studio dengan tingkat kebisingan 119dB, dengan target redaman sebesar 71-79dB
2. Akustik ruang
MASALAH UMUM ACOUSTIC TREATMENT (DIY)
Mengapa anda harus mengalihkan atau menghentikan energi bunyi, jika anda tidak tahu apa penyebab masalahnya?
Bila tahap peredaman suara sudah maximal, (bunyi dari dalam relatif
tidak bocor keluar dan bunyi dari luar relatif tidak bocor kedalam), akan
terjadi aspek negatif yang disebabkan oleh terperangkapnya energi bunyi didalam
ruang tersebut yang harus diperhatikan diantaranya adalah:
1. Room modes (Standing wave)
Room modes adalah frekuensi yang ditambah, dikurangi, atau dibatalkan
berdasarkan dimensi ruangan. Jika panjang gelombang suara sama panjangnya dengan
ruangan, gelombang akan memantul kembali dan menumpuk di atas dirinya sendiri.
Dalam keadaan ini suara pantulan akan membatalkan (dips) suara asalnya. Jika
ruangan adalah satu 1 ½ kali panjang
gelombang, gelombang suara akan menggandakan (Peak) amplitudo atau volumenya. Fenomena
ini akan menghasilkan titik2 (spot) di
ruangan di mana frekuensi ditambah (node) atau dibatalkan (antinodes), membuat
suara tidak merata dan bermasalah.
Anda bisa mengenali fenomena ini dengan cara mendengarkan
musik didalam ruangan, dan anda berjalan pelan berkeliling ruangan, anda akan
merasakan penurunan dan peningkatan intensitas suara rendah pada spot tertentu, bahkan hilang sama sekali.
Room Modes disebabkan
oleh pantulan suara dari berbagai permukaan ruangan. (4 sisi dinding, atap dan
lantai) Ada tiga jenis mode dalam sebuah
ruangan:
- · Axial
- · Tangensial
- · oblique
Room modes |
Mode aksial yang seringkali menjadi patokan pertama
perancang studio musik yang harus dikontrol, terutama pada
studio rekaman, karena mode axial ini merupakan masalah utama dalam ruangan . Room modes tangensial dan oblique memiliki dampak yang kurang
besar, tetapi bukan berati tidak ada pengaruhnya, gabungan dampak pantulan tangensial dan
oblique dapat menjadi masalah yang sama seperti mode axial.
Mode Axial berlaku pada sisi panjang ruang, lebar ruang,
tinggi ruang (lihat gambar a) yang dapat anda prediksi dengan rumus dibawah ini:
Rumus mode Axial:
frekuensi fundamental
f1 = c
/ (2 L)
c = kecepatan suara merambat diudara 343
m/s
F1 = frekuensi dalam
Hz mode axial
L = jarak terpanjang
ruang dalam meter
Frekuensi harmonic 3:
f2 = 2 x c / (2 L)
Frekuensi harmonic 3:
f3 = 3 x c
/ (2 L)
Dan seterusnya..lakukan pada semua permukaan 2 dinding (panjang/lebar) yang berlawanan, atap dengan lantai.
Contoh:
Ruangan dengan dimensi P5 L3 Tinggi 3 meter, kita hitung mode axial frekuensi fundamentalnya dari sisi panjang ruangan, berarti rumus yang digunakan f1 = c / (2 L)
f1 = 343 / (2x5)
f1 =24.3Hz frekuensi fundamental
lanjutkan perhitungan untuk frekuensi harmonic f2,f3,f4 s/d f10
Setelah mendapatkan daftar frekuensi axial dari sisi panjang dinding, kemudian hitung sisi lebar da tinggi.
GAMPANG KAAAAN😎
Setelah anda hitung semua sisi sampai dengan harmonic frekuensi ke 10, nanti anda akan menemukan frekuensi yang sama atau berdekatan nilainya diantara 3 mode tadi, tandai angka2 itu karena itulah frekuensi problematic diruangan anda. (supaya lebih mudah anda hitung menggunakan program excel.
PS: Rumus ini hanya berlaku pada bentuk ruangan Cuboid.
Dalam upaya untuk menghindari masalah room
modes, banyak ruangan yang berfungsi
untuk pertunjukan musik atau produksi musik, dinding ruangan dirancang non-paralel. Secara
umum, pendekatan tersebut tidak mengurangi jumlah keseluruhan jalur modal
resonan, atau jumlah keseluruhan mode koinsiden, tetapi mereka cenderung
memiliki kemampuan untuk mengurangi mode axial dan ini bisa menjadi keuntungan
dalam beberapa keadaan. Sayangnya, perhitungan matematis Room Modes pada ruang seperti itu menjadi terlalu rumit dan
belum ada rumus bakunya, sehingga cenderung mengandalkan sangat sangat pada
pengalaman designer.
2. Reverberations (gema ruang)
Reverberation, atau Gema, dapat terjadi karena jarak penghalang gelombang
yang jauh dengan sumber suara. Contoh terjadinya gema adalah saat seseorang
berteriak di daerah perbukitan, maka teriakan tersebut akan terdengar kembali
saat seseorang tersebut selesai berteriak. Jadi gema dapat didengar dengan
jelas saat seseorang selesai berteriak.
Gema kadang sangat menyenangkan, contoh pada kehidupan sehari2 adalah ketika kita bernyanyi saat kita mandi, suara gema kamar mandi memberi warna lain terhadap suara kita.
Namun, tidak semua gema menyenangkan. Sebuah gema pendek sering
terdengar mengganggu, karena sulit bagi telinga dan otak manusia untuk membedakan
antara mana suara asli dan mana gema. Jenis gema yang sangat singkat yang
terjadi di kamar kecil juga membuat efek Comb filter yang tidak diinginkan,
yang membuat suara tipis. Gema yang baik adalah adalah gema yang padat. Dalam
ruangan kecil gema yang panjang jarang terjadi, tetapi ada dalam waktu yang
lebih pendek (>50ms),untuk ruangan studio musik,ruang live room studio
rekaman, ruang mixing dan mastering panjang gema harus dikontrol, sesuai dengan
fungsi ruang.
Contoh Reverberation (audio): Click
Panjang gema (RT60) yang disarankan pada studio musik adalah sbb:
live room
sekitar 0.2-0.5
detik, bisa juga sampai 0.8 – 1.2 detik bila digunakan untuk merekam musik Orkestra atau instrument organik lainnya.
Mixing room/control room
Panjang gema yang baik untuk ruang mixing anda harus antara 0.2 s
dan 0, 5s Tergantung pada jenis musik apa yang anda mix, EDM atau klasik?
3. Flutter Echo (gema pendek)
Flutter Echoes terjadi ketika suara memantul dengan cepat (25ms)
antara dua permukaan reflektif yang paralel (berhadap-hadapan). Juga sering disebut sebagai “Ringing".
Flutter Echoes terjadi ketika ada permukaan keras yang paralel dan gelombang suara terjebak
memantul bolak-balik diantara kedua permukaan, terdengar seperti delay berulang
cepat dan biasanya terjadi pada frekuensi di atas-Mid dan frekuensi tinggi.
flutter Echo dapat menghasilkan bunyi menjadi tidak
transparan atau disebut efek Comb filter. efek Comb filter terjadi ketika dua
gelombang suara identik mencapai mikrofon atau telinga pada waktu yang berbeda.
Jika delay diantara keduanya sangat singkat, kedua gelombang menumpuk di atas
satu sama lain sehingga meningkatkan
beberapa frekuensi dan membatalkan (cancel) frekuensi lainnya. Comb filtering Ini
menyebabkan suara seolah berongga/kopong/tipis,
dan bila dilihat pada grafik (lihat gambar diatas) comb filtering memiliki bentuk gelombang yang terlihat
seperti sisir.(Comb) Bila efek ini terjadi pada frekuensi tinggi, akan menyebabkan bunyi terasa memdem.
Flutter Echoes ini sangat mudah untuk mengidentifikasi di
mana Flutter Echoes terjadi, dengan hanya bertepuk tangan Berjalan disekitar ruangan untuk menemukan titik gema flutter dan
menandainya untuk dihilangkan.
Terakhir, Mari kita lihat gambar dibawah efek dari masalah akustik ruang yang saya bahas diatas:
Kondisi ini bisa diatasi dengan Acoustic treatment, dengan memasang modul2 akustik pada ruangan sesuai dengan masalah yang terjadi sebenarnya. Mudah-mudahan Tulisan saya ini membuat teman2 sedikit paham mengenai perbedaan Peredaman suara dan akustik ruang.
Sekian dulu untuk hari ini, Semoga tulisan bermanfaat, bila ada pertanyaan silahkan isi dikotak komen:
See you in my next post😎..Thank you
Panca
087883424078 (whatsapp only)
0 Komentar